Rabu, 30 Januari 2019

APA ITU TEKNIK KIMIA?

"APA ITU TEKNIK KIMIA?"



Teknik Kimia merupakan salah satu cabang ilmu dari Teknik (Engineering).

Definisi teknik menurut Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET):
“Engineering adalah suatu profesi dimana pengetahuan matematika dan ilmu-ilmu alam (natural sciences), yang diperoleh dengan studi, pengalaman, dan latihan, digunakan secara bijaksana untuk mengembangkan cara-cara memanfaatkan bahan-bahan dan sumber-sumber daya alam, secara ekonomis, untuk kesejahteraan manusia”

Kata kuncinya adalah mengembangkan cara-cara (develop ways).


Pengertian Teknik Kimia?
  • Foust (1980)
Cabang ilmu teknik yang memproses bahan-bahan sehingga mengalami perubahan tingkat wujud, kandungan energi, atau komposisi.
  • McCabe (1985)
Cabang ilmu teknik yang mengubah atau memisahkan bahan-bahan menjadi produk yang bermanfaat.
  • Rudd and Watson (1968)
Berkaitan dengan pengubahan bahan baku, energi, dan pengetahuan (know-how) menjadi produk bermanfaat.

Teknik Kimia (chemical engineer) berbeda dengan ilmuan (scientist). Ilmuan lebih banyak berusaha menjawab pertanyaan “mengapa”,sedangkan teknik kimia lebih mementingkan jawaban pertanyaan “bagaimana”, dan pertanyaan tersebut perlu dijawab secara kuantitatif atau semi kuantitatif (best practices). Ilmuan berusaha mencari “kebenaran”, sedangkan teknik kimia menentukan “tindakan”.

Konsep fundamental ilmu teknik kimia atau sering disebut chemical engineering tools, adalah:
  1. Material balance (neraca massa).
  2. Energy balance (neraca energi).
  3. Equilibrium (kesetimbangan).
  4. Rate processes (proses-proses kecepatan), baik yang bersifat fisis (perpindahan momentum, perpindahan energi, dan perpindahan massa), maupun yang bersifat kimiawi (kinetika kimia).
  5. Ekonomi.
  6. Humanitas.
Konsep fundamental tersebut akan melatih berpikir lebih logis dan mendalam. Dengan penguasaan yang mantap terhadap chemical engineering tools, diharapkan lulusan teknik kimia dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menganalisis dan memecahkan problem-problem yang ada di industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengolah Air Sungai Menjadi Air Demin untuk Air Umpan Boiler di PLTU

Apa itu air demin? Apa itu PLTU? Bagaimana proses pengolahan air sungai menjadi air demin? Simak penjelasannya di bawah ini. Apa itu Air Dem...